Bagaimana mempersiapkan SSC dan Wawancara Perbankan?



Bagi mereka yang ingin bekerja di sektor perbankan, wawancara adalah rintangan terakhir dan tersulit. Kandidat dievaluasi berdasarkan berbagai parameter dan agar panel wawancara terkesan membutuhkan persiapan yang matang dari pihak individu.


Dalam panduan ini, kami membawa beberapa tip dan trik hebat yang dapat Anda ikuti untuk mempersiapkan wawancara Perbankan dengan baik. Terlepas dari trik-trik ini, Anda dapat mengikuti  pelatihan bank di Jaipur untuk persiapan wawancara.  


# Tip1: Tingkatkan Pembelajaran Akademik Anda


Papan wawancara akan terdiri dari orang-orang dari berbagai latar belakang. Dan, latar belakang akademis Anda akan menjadi minat umum bagi setiap anggota di panel wawancara. Anda semua akan memiliki beberapa pertanyaan tentang pembelajaran Anda selama kelulusan. 


Namun ini sama sekali tidak berarti bahwa Anda harus mengubur otak Anda di setiap buku yang merupakan bagian dari kursus pascasarjana Anda. Sebaliknya, Anda harus memoles gagasan dan konsep utama. Pertanyaannya kemungkinan besar akan berkisar pada topik-topik kunci yang menarik dan penting bahkan bagi orang biasa. Pelatihan SSC di Jaipur dapat membantu meningkatkan pembelajaran akademis Anda. 


# Tip2: Kembangkan Keterampilan Komunikasi Anda


Dalam sebuah wawancara, keterampilan komunikasi tetap menjadi kualitas yang paling dicari oleh calon potensial. Hal yang sama juga berlaku untuk wawancara Perbankan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menguasai komunikasi yang baik:


Perkenalkan Diri Anda Dengan Antusiasme dan Senyuman


Kesan pertama memainkan peran utama dalam cara panel wawancara memandang Anda sebagai kandidat ideal untuk profil tersebut. Itulah mengapa pengantar Anda memainkan peran kunci dalam menetapkan nada yang tepat untuk sisa proses wawancara. Jika Anda memperkenalkan diri dengan baik, Anda merasa percaya diri dan orang di seberang meja mendapat kesan positif tentang Anda. 


Miliki Bahasa Tubuh yang Positif


Keterampilan komunikasi yang baik tidak hanya tentang mengatakan hal yang benar, tetapi juga tentang bagaimana Anda mengatakan hal yang benar. Itulah mengapa bahasa tubuh Anda harus positif selama durasi wawancara. Anda harus selalu terlihat mudah didekati dan menjaga kontak mata setiap kali Anda menjawab panel wawancara. 


Jeda, Pikirkan, lalu Bicaralah


Akan ada rasa gugup saat Anda duduk di depan panel wawancara. Salah satu tanda gugup adalah Anda mungkin berbicara lebih cepat dari biasanya. Jadi, Anda harus secara sadar berhenti sejenak atau mengambil waktu sejenak sebelum memulai jawaban Anda. Dengan cara ini Anda akan menghindari berbicara hal pertama yang muncul di benak Anda serta Anda akan dapat menjawab dengan singkat namun sangat spesifik. 


# Tip3: Tetap Diperbarui dengan GK Saat Ini dan Statis


Panel wawancara mana pun akan selalu tertarik untuk mengetahui pendapat Anda tentang urusan atau kejadian sehari-hari di dan di seluruh dunia. Selain itu, Anda tidak perlu heran jika mereka meminta pendapat Anda tentang langkah-langkah dan inisiatif Pemerintah.


# Tip4: Mempersiapkan Tentang Organisasi dan Sektor Perbankan


Selain akademisi dan Urusan Lancar, Anda juga harus menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan sektor perbankan. Jadi persiapkan dengan baik tentang topik dan acara penting yang terkait dengan Reserve Bank of India dan Sektor Perbankan. Lebih lanjut, terinformasi dengan baik tentang istilah dan kepribadian bank utama seperti Gubernur dan Deputi Gubernur RBI saat ini. Di bawah ini kami telah membuat daftar beberapa topik yang harus menjadi prioritas utama Anda: 


  • Jenis rekening di bank
  • Jenis Bank Umum
  • Sejarah dan Fungsi RBI dan Bank Sektor Publik.
  • Tingkat persentase tahunan (APR)
  • Rasio hutang terhadap pendapatan
  • Amortisasi dan amortisasi negatif
  • Penilaian pinjaman
  • Jalur kredit
  • Jenis pinjaman
  • Aset bermasalah.


# Tip5: Tonton dan Berlatih Wawancara Tiruan


Saat ini ada banyak sekali sumber daya online gratis yang memberi Anda pengetahuan mendetail tentang bagaimana wawancara perbankan dilakukan. Anda dapat menemukan video wawancara tiruan di Youtube dan melihat mereka tahu persis apa yang seharusnya Anda kenakan, dan bagaimana Anda seharusnya bersikap di depan panel.


Selain itu, banyak lembaga menawarkan kursus pelatihan wawancara khusus untuk kandidat terpilih. Anda dapat mengikuti salah satu kursus ini dan belajar dari para profesional. Kursus-kursus ini terstruktur dengan sangat baik, menawarkan eksposur yang bagus, dan tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat. Anda diasuh dan dipersiapkan dengan sangat baik sehingga Anda dapat menyelesaikan wawancara dengan sedikit atau tanpa rintangan apa pun. 


# Tip6: Bagikan Pengalaman Kepemimpinan dan Kerja Tim


Meskipun tidak wajib membawa resume Anda untuk wawancara bank, itu selalu merupakan hal yang baik untuk dilakukan. Pertama dan terpenting, ini memungkinkan panel mengintip kredensial dan pencapaian akademis Anda. Tetapi keuntungan lainnya adalah dapat membantu Anda menentukan arah yang tepat untuk wawancara. Panel mungkin mengajukan pertanyaan kepada Anda terkait dengan informasi yang dibagikan dalam resume Anda. 


Dan karenanya menjadi penting bagi Anda untuk membagikan pengalaman kepemimpinan dan kerja tim Anda dalam resume Anda. Ini akan menyoroti kemampuan Anda untuk tidak hanya bekerja dengan tim tetapi juga memimpin mereka kapan pun ada kesempatan untuk melakukannya. 


# Tip7: Bangun Cerita


Tidak ada yang mengesankan seperti cerita yang bagus, seperti pertama kali orang lanjut usia di rumah Anda harus menggunakan net banking dan bagaimana Anda membantunya dalam proses tersebut. Dengan cerita yang bagus untuk mendukung tujuan dan aspirasi Anda untuk bekerja di sektor perbankan, Anda lebih cenderung meninggalkan kompresi yang langgeng di panel wawancara. 


Jadi, ketika Anda dihadapkan pada pertanyaan seperti "Mengapa kami harus mempekerjakan Anda" atau "Mengapa pekerjaan pemerintah dan bukan pekerjaan pribadi", pastikan Anda melengkapi jawaban Anda dengan beberapa pengalaman kehidupan nyata. Ini akan menambah lapisan ekstra penerimaan dan kepercayaan pada jawaban Anda. 


# Tip8: Kenakan Pakaian Formal 


Sebelum kami menyelesaikan ini, kami ingin berbagi faktor terakhir yang sama pentingnya untuk melakukan wawancara bank, yaitu penampilan Anda. Pastikan Anda tidak terlihat ceroboh. Anda harus tampil rapi dan bersih. Tetap gunakan pakaian formal dan pertahankan gaya rambut Anda tetap rapi. 

LihatTutupKomentar