-->

Apakah Humas Itu? Fungsi, Jenis, & Contoh



Hubungan masyarakat adalah mekanisme keterlibatan strategis yang digunakan bisnis, orang, dan organisasi untuk membangun kemitraan yang saling menguntungkan dengan publik.


Jika agen hubungan masyarakat terkenal di Sri Lanka  sebagai spesialis di lapangan menyusun strategi pemasaran khusus dan menggunakan periklanan serta media langsung dan tidak langsung lainnya untuk membangun dan mempertahankan kesan merek yang menguntungkan dan interaksi yang baik dengan audiens target.


Tujuan utama adalah untuk menjaga reputasi positif dari merek dan mempertahankan tanggapan strategis dengan publik, calon pelanggan, mitra, investor, karyawan, dan pemangku kepentingan lainnya yang pada akhirnya mengarah pada citra positif merek dan merek. itu terlihat jujur, efektif, bermakna, dan signifikan.


Hubungan masyarakat terpisah dari iklan. Perusahaan hubungan masyarakat tidak membeli iklan, mereka tidak menulis laporan untuk penulis, dan mereka tidak berkonsentrasi untuk menarik iklan berbayar. Peran utama dalam PR adalah mendukung merek dengan menggunakan materi editorial yang muncul di majalah, surat kabar, outlet televisi, portal, blog, dan acara TV.


Beberapa fungsi PR meliputi;


  • Mengantisipasi, menganalisis, dan menafsirkan opini dan sikap publik terhadap merek dan teknik penyusunan yang menggunakan media gratis atau yang diterima untuk memengaruhi mereka.
  • Menyusun rencana untuk membantu setiap inisiatif dan langkah baru merek melalui konten editorial.
  • Merencanakan dan melaksanakan acara penjangkauan sipil dan hubungan media khusus.

Jenis-jenis PR;


Hubungan investor - Menangani peristiwa investor, menerbitkan laporan akuntansi dan pengarsipan sekuritas, serta menangani pertanyaan dan kekhawatiran investor, analis, dan media.

Hubungan media - Membangun hubungan yang kuat dengan media dan berfungsi sebagai penyedia informasi mereka.

Hubungan pemerintah - Mewakili merek kepada pemerintah sehubungan dengan pemenuhan kebijakan seperti tanggung jawab sosial perusahaan, persaingan yang setara, perlindungan pelanggan, perlindungan karyawan Konten Web Gratis, dll.

PR memiliki kredibilitas bahwa publik menghargai pesan yang berasal dari pihak ketiga yang memiliki reputasi baik daripada konten bermerek.

LihatTutupKomentar